Jumat, 24 Februari 2012

ALAT –ALAT PERAWATAN

Alat perawatan adalah alat yang digunakan untuk merawat si sakit baik di rumah maupun di rumah sakit. Yang akan diuraikan disini adalah:
1.     Botol panas (WARM WATERZAK)
2.    Kantung es (IJSKAP)
3.    SKIN TRACTION KIT
4.    KRUK atau CRUTCHES
5.    Borstpomp


1.     WARM –WATER- ZAK.
Warm water zak berarti kantung berisi air panas. Ada juga yang menyebutnya BOTOL PANAS. Yang umum terdapat di apotek adalah kantung yang terbuat dari karet.

2.    IJSKAP.
Dalam bahasa Inggris disebut ICE BAG. Umumnya berbentuk bulat, terbuat dari bahan karet dengan tutup di tengahnya. Kegunaannya: untuk kompres dingin apabila demam.






3.    SKIN TRACTION KIT
Skin traction kit adalah perlengkapan yang digunakan untuk mencegah imobilisasi persendian yang terluka atau meradang, atau pada patah tulang/ dislokasi tulang. Dilengkapi dengan Elastik  bandage (ELSET) dan tali untuk menggantungkan kaki atau mengikatkannya agar tidak berubah tempat. Tersedia untuk dewasa dan anak-anak.

4.    KRUK atau CRUTCHES
Adalah tongkat penyangga tubuh yang digunakan pada pasien yang mengalami gangguan/ cedera/ pasca operasi pada kakinya. Terbuat dari bermacam- macam bahan seperti kayu, aluminium, dan campuran kayu dan logam.

5.    BORST-POMP

Dalam bahasa Indonesia disebut POMPA SUSU. Dalam bahasa Inggris disebut: BREAST PUMP AND RELIEVER. Kegunaanya: untuk membantu memompa air susu keluar dari buah dada wanita yang sedang menyusui dikarenakan produksi air susunya terlalu banyak.




ALAT- ALAT PENAMPUNGAN
Yang dimaksud dengan alat penampungan adalah alat untuk menampung darah, untuk menampung air kencing dan untuk menampung feces.
a.    Untuk Menampung Darah
BLOOD COLLECTING PACK  terbuat dari plastic PVC sehingga umumnya disebut: BLOOD-BAG. Bloodbag ini ada yang berisi cairan antikoagulansia ACD (acid citric + natrium citric + dextrose), CPD ( acid citric + natrium citric + dextrose dan narium bifosfat), atau larutan Natrium sitrat 4%.

b.    Untuk Menampung Urine (air kencing). (Urine bag)
Dipasakan dengan merek DRAINAGE –BAG (Pabrik JMS), URO-GARD(Terumo). Adapula Urine-bag khusus untuk anak- anak dan bayi, PEDIATRIC URINE COLLECTOR (ATOM- Jepang).

c.    Untuk Menampung Feces
Alat untuk menampung feces disebut: COLOSTOMY BAG. Kegunaannya : untuk menampung untuk kotoran (feces), cairan dan gas yang keluar dari lubang usus buatan hasil pembedahan melalui otot dan kulit perut. Hal ini dilakukan untuk mengganti fungsi normal dari rectum. Pemakaian Colostomy Bag ini bisa untuk sementara atau bisa juga selamanya, misalnya pada pasien yang terkena penyakit kanker rectumnya harus diambil, dibedah. Pemakaian Colostomy bag disesuaikan dengan ukuran stoma (lubang buatan pada otot dan kulit perut).




HOSPITAL WARES/ UTENSILS
Yang tergolong dalam golongan yang disebut Hospital Wares/ Utensils adalah alat- alat yang digunakan dalam rumah sakit sehari- hari sebagai alat penunjang dalam pelayanan pengobatan pasien.
1. Alat- alat yang digunakan untuk melayani pasien
2. Alat- alat yang digunakan untuk tempat perawatan alat- alat lainnya

1.     Alat- alat yang digunakan untuk melayani pasien
Bila pasien ingin buang air kecil sedangkan si pasien tidak bisa/ boleh ke kamar mandi maka untuk itu disediakan URINAL untuk Laki-laki dan untuk perempuan. Ada yang terbuat dari gelas, ada yang dari stainless steel sesuai dengan fungsinya:
-      BEDPAN:
penampung urine bila si pasien tidak bisa ke kamar mandi sendiri

-      SPITTING MUG:
Kegunaan: penampung riak atau ludah.

2. Alat yang digunakan untuk tempat perawatan alat-alat lainnya
-    INSTRUMEN TRAY
  
Wadah atau tempat untuk menyimpan dan menruh alat-alat atau instrument bedah






-      DRESSING JAR
Wadah atau tempat untuk mensterilkan pembalut- pembalut.

-      Dressing Sterilizing Drum dan Dressing Sterilizing Case
                                       
Dressing Sterilizing Drum                                                   Dressing Sterilizing Case
Digunakan untuk mensterilkan pembalut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar